Minggu, 13 Desember 2015

Google Doodles Peringati Ulang Tahun BKS IYINGAR ke -97

Ada yang menarik kali ini di tampilan Home google, Google Doodles hari ini tanggal 14 Desember 2015 memperingati hari Ulang Tahun BKS IYENGAR Siapakah dia?. Hal ini saya ketahui karena ketika saya membuka google munculnya tampilan seperti itu, lihat gambar dibawah:
Sumber google
Dikutip dari google dan Wikipedia BKS Iyengar adalah pelatih yoga terkenal di dunia dan sekaligus pendiri Iyengar Yoga. Iyengar Yoga sudah tersebar di banyak kota-kota dunia bahkan di indonesia sendiri sudah ada komunitasnya yang berpusat dikemang. berikut adalah profilenya:

B. K. S. Iyengar

sumber  : www.innerwellnessstudio.com

B. K. S. Iyengar, atau Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar adalah pendiri Iyengar Yoga dan salah satu pelatih yoga terkenal di dunia. Wikipedia
Lahir: 14 Desember 1918
Meninggal: 20 Agustus 2014, Pune, India
Pasangan: Ramamani Iyengar (m. 1943–1973)
Anak: Geeta Iyengar, Prashant Iyengar, Sunita Iyengar, Vanita Iyengar, Savita Iyengar, Suchita Iyengar
Orang tua: Sheshamma, Sri Krishnamachar
Penghargaan: Padma Bhushan, Padma Shri, Time 100
 sumber  : wikipedia

B.K.S. Iyengar pda thn 1991 dianugerahkan Padma Shri, Padma Bhushan kepada thn 2002 & Padma Vibhushan th 2014. dan pda thn 2004, Iyengar yang merupakan salahseorang dari 100 orang yang paling berpengaruh didunia oleh version Majalah Time. pda thn 1943, BKS memiliki seseorang istri yg bernama Ramammani. Pernikahan mereka dikaruniai lima putri & seseorang putra yakni Geeta Iyengar, Prashant Iyengar, Sunita Iyengar, Vanita Iyengar, Savita Iyengar, Suchita Iyengar. Ramamani Iyengar wafat kepada umur 46.

Terkecuali sbg guru yoga, Iyengar teramat mensupport konservasi alam & menyebut bahwa amat sangat mutlak buat melestarikan seluruhnya hewan & burung. Dirinya menyumbang Rs. 2 juta buat Chamarajendra Zoological Gardens, Mysore. Sumbangan Dirinya dianggap juga sebagai sumbangan paling besar oleh satu orang individu utk tiap-tiap kebun binatang di kota India. Dirinya pula mengadopsi seekor macan & seekor anak utk mengenang istrinya, yg wafat terhadap thn 1973. B.K.S Iyengar pun meringankan mempromosikan kesadaran MS (multiple sclerosis) dgn satuan Pune dari Multiple Sclerosis Society of India. Proyek amal yg paling utama dari Iyengar yakni sumbangan ke desa leluhurnya di Bellur, distrik Kolar dari Karnataka. Lewat dana perwalian yg beliau didirikan, beliau memimpin transformasi desa, mensupport sebanyak gerakan amal di daerahnya. Dirinya membangun satu buah hunian sakit, kuil perdana India yg didedikasikan utk Sage Patanjali, sekolah cuma-cuma yg memasok seragam, buku, & makan siang panas utk anak-anak Bellur & desa-desa sekitarnya, sekolah menengah, & perguruan tinggi.

Artikel Terkait

Google Doodles Peringati Ulang Tahun BKS IYINGAR ke -97
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email