Jumat, 27 November 2015

Sulit Bangun Shalat Subuh? Baca tips ini



Apakah anda sering telat shalat subuh atau susah bangun subuh? Walaupun alarm sudah anda setting dalam waktu tertentu, namun tetap saja anda tdiur dengan lelapnya, rasa-rasanya tidak merasa terganggu dengan asanya suara bising dari alarm yang sudah anda setelah. 


Problematika seperti ini bukan hanya anda saja yang mengalami, saya sendiri mengakui memang sulit sekali bangun suntuk shalat subuh, bahkan sampai bisa bangun jam 7 pagi,,,Astagfirullah. Memang waktu subuh itu waktu yang paling nikmat tidur, itu saya rasakan sendiri, hawa subuh yang dingin sepi gelap, belum terihat satu makhlukpun yang berkeliaran. Apalagi saya saat ini tinggal di lokasi pegunungan kota bandung yang memang pada dasarnya hawanya sangat dingin. Baiklah Mudah-mudah dengan tips dibawah ini anda sudah tidak kesingan lagi shalat subuh.

Sebenarnya, untuk dapat bangun di pagi hari dan melakukan ibadah shalat subuh tidak begitu sulit, yang dibutuhkan anda adalah latihan dan kebiasaan. Nah dibawah ini merupakan tips agar anda dapat bangun dan melakukan shalat subuh.


1.       Semua diawali dengan niat, jadi mulai sekarang ubahlah niatmu bangun pagi untuk ibadah (Shalat), ubah niat sekolah, atau kerja menjadi bangun pagi untuk shalat.
“Nank Bangun udah pagi nanti telat sekolahnya”

Kebiasaan orang tua dari dulu hingga sekarang sering membangunkan kita agar tidak telat sekolah, ini menjadi sebuah motivasi untuk bagun pagi agar tidak telat sekolah, oleh karena itu ubahlah niat anda dari takut telat sekolah jadi takut telat shalat subuh.


2.       Tidurlah di awal waktu, agar lebih mudah anda untuk bangun pagi, dengan tidur lebih awal memudahkan anda untuk bangun di seperempat malam, da anda bisa melakukan shalat tahajud. Atau mengerjakan pekerjaan anda. Tidur lebih awal memberikan lebih tidak sedikit manfaat utk kesehatan. Dgn tidur lebih awal, badanmu bakal lebih enteng utk terbiasa bangun pagi. Waktusubuh pun lebih produktif untukmenuntaskan pekerjaandaripada apabila anda terjaga semalaman alias begadang. Hawa fajar yg tetap segar, kandungan oksigen yg masihlah bersih dapat menciptakan otak jadi lebihfreshdan waktu subuh, otak lebih tidak sedikit memproduksi hormon yg dapat menajamkan daya ingat


sehinggapenerimaan info menjadilebih langsung & tersimpan dalam tempo yg lebih lama. Ini pasti dapat meningkatkan mutu pekerjaanmu. Tidurlah lebih awal pukul 21.00 & bangun pukul 02.00 dini hri. Sesudah sholat tengah malam & berdoa, isikan waktumu dgn mencari ilmu atau menyelesaikan tugas sambil menunggu datangnya ketika subuh.


3.       Jaga makan dimalam hari, jangan terlalu banyak makan dimalam hari ini dapat menyebababkan anda tidur lelap dan saat bangun pagi kamu akan bangun dalam keadaan capek. asupan oksigen anda menyusut seputar 20%-40% (5-10 detik), hal itu menyebabkan hiperventilasi (pernapasan berat) yg membutuhkan tidak sedikit energi, maka kita tak mampu mendengarkan nada alarm maupun mendengar adzan subuh yg berkumandang.

Makanlah kala ketika maghrib bersama porsi yg sewajarnya, seperti apa yg dilakukan Rasulullah SAW : tak langsungtidur sesudah makan.Jalankan sholat isya apalagi dulu biar makanan yg anda makan mampu tercerna dengan cara maksimal, sehinggakamu tak butuh lagi bersusah payah buat bangun subuh.


4.  Tidurlah dengan memiringkan badan kesamping kanan, seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu akan memudahkan kamu bangun di awal waktu. Pakar kesehatan menyebut tidur dgn memiringkan tubuh ke sebelah kanan memberikan tidak sedikit manfaat. Mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, meningkatkan penyerapan gizi, & menjaga saluran pernafasan jadi sekian banyak manfaat yg anda temukan dari tidur dgn memiringkan tubuh ke kanan.
Tidur bersama posisi memiringkan tubuh ke kanan dapat menyebabkan posisi jantung anda berada diatas, maka anda tidak mau tidur terlampaui nyenyak. Ini serta yg kepada hasilnya dapat membantumumengembangkan rutinitas bangun pagi.

Nah itulah beberap tips agar anda dapat bangun shalat subuh dan tidak ketinggalan pergi sekolah ataupun kerja, apalagi apabila anda berada dijakarta, kemacetan dijakarta sangat padat. Bahkan bandung juga pada saat ini mulai macet terus. Semoga dengan tips berikut memudahkan anda bangun subuh dan shalat.


Artikel Terkait

Sulit Bangun Shalat Subuh? Baca tips ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email